5 Cara Menurunkan Tingkat Bounce Rate Pada Blog Terbaru 2020

Bounce Rate

cara menurunkan bounce rate

Bagi para blogger yang sudah profesional pasti sudah pada mengenal apa itu Bounce Rate, namun bagi para blogger yang masih pemula pasti pada belum tahu. Ok, akan kami jelaskan sedikit:

"Bounce rate adalah jumlah persentase dari para pengunjung yang langsung keluar ketika sedang membuka satu halaman". 

Dari pengertian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa bounce rate itu adalah pengunjung yang hanya masuk ke dalam blog kamu tanpa melakukan tindakan apapun seperti klik link yang ada di dalam situs blogmu. Faktor yang menyebabkan tingginya tingkat bounce rate itu ada berbagai macam salah satunya adalah kualitas artikel yang disajikan kurang bagus sehingga menyebabkan para pengunjung langsung keluar begitu saja dan mencari situs blog yang lain. Untuk mengecek tingkat bounce rate di situs blogmu maka kamu bisa melihat di Google Analytics, namun sebelumnya situsmu harus terhubung terlebih dahulu dengan Google Analytics.

Bagaimana? sudah tahu tingkat bounce rate situs kamu? Apakah terlalu tinggi? Jika ya maka kamu tak perlu khawatir di dalam artikel ini kamu akan diberi tips yang jitu untuk menurunkan tingkat bounce rate. Oke, tidak usah berlama-lama langsung saja simak penjelasannya di bawah.

5 Cara Ampuh Untuk Menurunkan Bounce Rate Pada Blog

1. Buatlah artikel yang berkualitas

Membuat artikel yang berkualitas merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para blogger. Artikel berkualitas itu sendiri adalah artikel yang terstruktur, rapi serta bermanfaat bagi pembacanya. Kalau artikel yang kamu buat bagus maka bukan tidak mungkin pengunjung akan kembali membaca artikel kamu yang lainnya. Oleh karena itu membuat konten yang berkualitas serta original merupakan salah satu hal penting yang harus kamu perhatikan agar tingkat bounce rate di situs blog kamu turun.

2. Jangan buat judul yang klik bait

Ini adalah salah satu hal yang sering dilakukan oleh para blogger agar blog mereka kebanjiran traffic. Namun ini adalah suatu hal yang sangat keliru, coba kamu bayangkan jika ada pengunjung yang klik ke situs blog kamu terus setelah mereka membaca sedikit ternyata artikel yang mereka baca tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Kira-kira apa yang bakal mereka lakukan? Yang jelas mereka akan langsung pergi begitu saja dari situs blogmu dan mencari situs blog lain yang sesuai dengan harapan mereka, ya kan?. 

Oleh karena itu janganlah sekali-kali membuat judul yang mengandung klik bait karena hal tersebut akan menyebabkan tingginya tingkat bounce rate di blogmu, lebih baik buat judul sesuai dengan search intent atau sesuai dengan harapan para pembaca.

3. Kecepatan Loading Blog Juga Berpengaruh Lho

Tahukah kamu bahwa kebanyakan para pengunjung akan langsung keluar jika blog yang mereka akses itu tidak kunjung terbuka. Oleh karena itu meningkatkan kecepatan akses itu merupakan hal yang sangat penting jika ingin menurunkan bounce rate. Walaupun artikel yang kamu buat itu berkualitas, namun tidak dibarengi dengan loading blog yang cepat maka itu sama saja bohong. Agar situs kamu mempunyai loading yang cepat kamu bisa baca disini "tips mempercepat loading situs blog atau website". Untuk cek kecepatan situs blog kamu bisa berkunjung ke PageSpeed Insight.

4. Pastikan Situs Website Kamu Mempunyai Desain Yang Responsif

Penting sekali untuk memilih tema atau template yang responsif, karena dengan memilih tema tersebut maka blog atau websitemu bisa diakses dengan tampilan smartphone maupun PC. Sebab pengguna terbanyak saat ini dalam mengakses internet adalah pengguna via mobile. Oleh karena itu penggunaan tema yang responsif adalah hal yang mutlak untuk dilakukan jika kamu tidak ingin kehilangan pengunjung terutama yang menggunakan perangkat mobile.

5. Buat Internal Link

internal link

Internal link ini juga sangat ampuh dalam mengurangi tingkat bounce rate, sebab dengan internal link akan membuat pengunjung dapat membaca artikel lain di dalam blog kamu. Buatlah internal link yang sesuai dengan isi artikelmu dan pastikan untuk menempatkannya didalam artikel.

Kesimpulan

Tingginya tingkat Bounce rate adalah masalah yang harus kamu atasi sesegera mungkin. Buatlah konten yang menarik dan berkualitas serta percepat loading situs websitemu agar tingkat bounce rate bisa turun. Sekian dari kami semoga bermanfaat dan terima kasih.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter