√ Kenalan lebih Dekat Dengan Leverage : Pengertian, Jenis, Tujuan dan Manfaatnya Serta Fungsinya PDF

leverage


Halo semuanya bagaimana kabar kamu hari ini? Semoga dalam keadaan sehat ya. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi ilmu mengenai Leverage mulai dari pengertiannya, jenisnya, tujuannya beserta manfaatnya. Serta kamu bisa unduh artikel ini di bawah jika dirasa perlu.

Oke tidak usah berlama-lama lagi langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.  

Pengertian Leverage

Leverage adalah kemampuan suatu perusahaan ketika menggunakan aktivanya baik berupa aset ataupun sumber dana yang memiliki beban baik berupa beban hutang atau beban lainnya dengan tujuan memaksimalkan keuntungan pemegang saham perusahaan.

Jenis-Jenis Leverage

Terdapat 3 jenis leverage berikut dibawah ini adalah penjelasan lengkapnya:

A. Leverage Operasi (Operating Leverage)

Leverage Operasi adalah keahlian suatu perusahaan ketika memakai biaya operasional tetapnya untuk memperbesar imbas dari penggantian volume penjualan tentang pendapatan sebelum bunga dan pajak.

Leverage Operasi bisa timbul akibat dari adanya beban operasi tetap yang dibebankan di dalam operasional perusahaan. Jadi, perusahaan dengan beban operasi tetap maka perusahaan tersebut akan menggunakan leverage

Selain itu beban operasi tetap juga berasal dari biaya depresiasi serta biaya produksi yang sifatnya tetap seperti gaji para karyawan.

Rumus yang digunakan untuk menghitung Leverage Operasi adalah sebagai berikut:

DOL = Persentase perubahan EBIT : Persentase perubahan penjualan

Ket:
DOL = Degree of operating leverage
EBIT = Laba sebelum bunga dan pajak

B. Leverage Keuangan (Financial Leverage)

Leverage Keuangan adalah penggunaan sumber dana atau sources of funds yang mempunyai beban tetap serta memiliki anggapan akan memberikan keuntungan tambahan yang lebih besar daripada biaya tetapnya sehingga berdampak pada meningkatnya keuntungan yang diterima oleh para pemegang saham perusahaan.

Untuk menghitung tingkat Leverage Keuangan suatu perusahaan maka dapat menggunakan Degree of financial leverage (DFL). Semakin tinggi tingkat DFL suatu perusahaan maka ini dapat mengindikasikan bahwa risiko keuangan perusahaan tersebut juga semakin tinggi. 

Rumus yang digunakan untuk menghitung Leverage Keuangan adalah sebagai berikut:

DFL = persentase perubahan EPS : persentase perubahan EBIT

C. Leverage Gabungan (Combination Leverage)

Leverage Gabungan adalah perusahaan yang memiliki gabungan antara Leverage Operasi dan Leverage Keuangan, kedua leverage tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan laba bagi para pemegang saham.

Leverage Gabungan merupakan pengaruh atas perubahan penjualan terhadap perubahan laba setelah dikurangi pajak yang biasanya digunakan untuk mengukur efek perubahan penjualan terhadap laba rugi pemegang saham menggunakan Degree of Combine Leverage (DCL) yakni persentase perubahan Earning per Share (EPS) yang diakibatkan oleh terjualnya persentase perubahan dalam unit.

Tujuan dan Manfaat Leverage

  1. Untuk mengetahui posisi kewajiban perusahaan pada pihak-pihak yang berkepentingan seperti para kreditor atau pemegang saham.
  2. Untuk dijadikan sebagai tolak ukur perusahaan atas kemampuan dalam memenuhi semua kewajiban tetapnya.
  3. Untuk mengetahui keseimbangan nilai aktiva tetap suatu perusahaan.
  4. Untuk mengetahui seberapa besar aktiva suatu perusahaan dibiayai oleh hutang.
  5. Untuk mengetahui seberapa besar dampak hutang terhadap manajemen modal suatu perusahaan.

Fungsi Leverage

Leverage berguna untuk meningkatkan keuntungan bagi para pemegang saham atau investor. Leverage bisa timbul pada saat perusahaan menggunakan aktiva yang mempunyai biaya operasi tetap. Nah dalam jangka panjang semua biaya itu bersifat variabel yang artinya dapat berubah sesuai kuantitas produk yang dihasilkan.

Download Artikel ini

Demikianlah pembahasan mengenai leverage semoga dengan penjelasan di atas kamu bisa sedikit lebih tahu mengenai tema tersebut. Sekian dari kami semoga bermanfaat dan terima kasih.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter