√ Pasar Modal: Sejarah, Pengertian, Peran, Tujuan, Jenis, Instrumen dan Contoh Pasar Modal PDF

√ Pasar Modal: Sejarah, Pengertian, Peran, Tujuan, Jenis, Instrumen dan Contoh Pasar Modal PDF

By Mas Bayu pada Agustus 02, 2020
pasar modal


Sejarah Pasar Modal di Indonesia

A. Pada Masa Kolonial

Pasar modal Indonesia secara resmi didirikan pada tahun 1912, akan tetapi menurut buku Effectengids transaksi di pasar modal sudah pernah dilakukan jauh sebelum tahun 1912 yakni pada tahun 1880-an. Didalam buku tersebut juga menyebutkan bahwa transaksi efek yang terjadi pada masa itu belum memiliki organisasi yang berdiri resmi sehingga mengakibatkan semua catatan transaksi menjadi tidak lengkap.

Akhirnya pada tahun 1878 perusahaan sekuritas pertama di Indonesia berdiri. Perusahaan itu bernama Dunlop & Koff yang merupakan asal muasal dari PT Perdanas. Pada tahun 1892 perdagangan efek untuk pertama kalinya dicatat dan dibukukan. Perusahaan perkebunan Cultuur Maatschappij Goalpara pada masa itu melakukan transaksi efek. Perusahaan itu menjual 400 saham seharga 500 gulden per lembar sahamnya.

Kemudian pada tahun 1896 juga terjadi transaksi efek lainnya. Pada waktu itu Het Centrum menerbitkan prospektus dari penjualan saham senilai 105 ribu gulden dengan harga per lembar sahamnya 100 gulden.

Setelah masa tersebut, yakni pada awal abad ke 19 pemerintahan kolonial Belanda mulai melakukan pembangunan perkebunan besar-besaran di seluruh wilayah Tanah Air. Perdagangan efek dari perusahaan tersebut pada masa itu di transaksikan kepada golongan-golongan elit.

Pemerintah kolonial Belanda pada tanggal 14 desember 1912 membangun pasar modal yang diberi nama Bursa Efek Amsterdam atau Amsterdamse Effectenbueurs yang merupakan pasar modal tertua ke empat di Asia, setelah Bombay (1830), Hongkong (1847), dan Tokyo (1879).

B. Pada Masa Perang Dunia 1 dan 2 

Pada masa perang dunia, efek yang di transaksikan di pasar modal adalah saham dan obligasi perusahaan perkebunan yang dimiki oleh Belanda. Karena terjadi perang dunia 1 pada tahun 1914-1918 membuat bursa efek di Batavia tutup sementara. Namun walau begitu perkembangan dari bursa efek di Batavia memiliki perkembangan yang cukup pesat sehingga menarik perhatian penduduk dari kota-kota lain. Sehingga pada tanggal 11 januari 1925 dibuatlah anggota bursa lainnya yang ada di Surabaya dan pada tanggal 1 agustus 1925 di Semarang.

Pada tahun 1939 terjadilah perang dunia ke 2 yang mengakibatkan bursa efek yang ada di Surabaya dan Semarang tutup, tiga tahun berselang yakni pada tahun 1942 bursa efek yang ada di Jakarta juga tutup. Penutupan tersebut berlangsung selama 10 tahun yakni hingga tahun 1952 dan dibuka kembali pada tanggal 3 juni 1952. 

Pasar modal Indonesia pada masa-masa itu sangatlah terpuruk akibat dari nasionalisasi perusahaan asing serta sengketa Irian Barat. Tidak hanya itu inflasi yang terjadi pada saat itu sangatlah tinggi yakni mencapai 650% hal tersebutlah yang mengakibatkan Bursa Efek Indonesia kembali tutup.

C. Pada Masa Orde Baru

Pada masa itu dibuatlah Keputusan Presiden No.52 Tahun 1976 tentang pendirian Pasar Modal, Membentuk Badan Pembina Pasar Modal, Serta membentuk Badan Pelaksana Pasar Modal (BAPEPAM).

Kemudian juga dibuat Keputusan Presiden No. 25 Tahun 1976 tentang penetapan PT Danareksa sebagai Badan Usaha Milik Negera yang pertama kami melakukan go public dengan nilai penyertaan modal Negara sebesar 50 Milyar.

Pada tahun 1987 pemerintah melakukan deregulasi yang membuat gairah pasar modal menjadi meningkat. Kebijakan tersebut pada masa itu dikenal dengan tiga paket yaitu Paket Kebijakan Desember 1987, Paket kebijakan Oktober 1988, Paket kebijakan Desember 1988.

Paket kebijakan desember 1987 adalah kebijakan untuk menyederhanakan persyaratan emisi saham dan obligasi, serta penghapusan biaya yang sebelumnya di pungut oleh Bapepam.

Paket kebijakan oktober 1988 ini ditujukan kepada sektor perbankan. Kebijakan ini berisi 3L (legal, Lending, Limit), serta pengenaan pajak atas bunga dan deposito.

Sedangkan paket kebijakan desember 1988 yakni kebijakan yang memberikan dorongan kepada pasar modal terhadap pihak swasta untuk menyelenggarakan bursa.

Keputusan Menteri Keuangan No. 1548/KMK.013/1990 yang kemudian diubah menjadi Keputusan Menteri Keuangan No. 1199/KMK.010/1991 dijelaskan bahwa tugas Bapepam yang semula sebagai penyelenggara bursa diubah menjadi badan regulator. Selain itu Pemerintah juga membentuk lembaga baru sepertu Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), Kliring dan Penjamin Efek Indonesia (KPEI), resakdana, serta manager investasi.

Selama tahun 1989 perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Jakarta sebanyak 37 perusahaan. Hal itu terus berlanjut dengan berdirinya PT Bursa Efek Surabaya, serta pada tanggal 13 juli 1992 berdirilah PT Bursa Efek Jakarta yang berperan sebagai pelaksana bursa yang menggantikan Bapepam.

D. Pada Masa Merger Antara Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya

Kiris ekonomi melanda Asia pada tahun 1997, akibatnya menyebabkan penurunan nilai mata uang terhadap Dollar.

Bursa Efek Jakarta melakukan aksi merger dengan Bursa Efek Surabaya pada tahun 2007 dan pada awal tahun 2008 merubah nama menjadi Bursa Efek Indonesia.

Regulasi yang dikeluarkan pada periode ini yakni, diberikannya wewenang yang cukup besar kepada Bapepam selaku badan pengawas. Dalam Undang-Undang Pasar Modal menyebutkan bahwa Bapepam dapat melakukan penyelidikan, pemeriksaan apabila terjadi kejahatan di Pasar Modal.

Apa Itu Pasar Modal?

Pasar modal adalah pasar tempat jual beli efek atau instrumen keuangan jangka panjang yang terdiri dari obligasi, saham, resakdana, instrumen derivatif dan instrumen lainnya. Pasar modal juga menjadi tempat bagi perusahaan untuk memperoleh modal atau pendanaan serta sebagai sarana berinvestasi bagi masyarakat umum.

Sedangkan menurut Undang-Undang Pasar Modal No. 8 Tahun 1995 mengartikan pasar modal sebagai:

"Kegiatan yang bersangkutan dengan Penawaran Umum dan Perdagangan Efek, Perusahaan Publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, dan lembaga serta profesi yang berkaitan dengan efek"

Peran dan Fungsi Pasar Modal Indonesia

Peranan Pasar Modal itu sangatlah penting bagi kemajuan perekonomian suatu negara karena pasar modal memiliki dua fungsi penting yakni:

#1. Tempat Bagi Perusahaan Untuk Memperoleh Pendanaan

Dana yang diperoleh dari pasar modal dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengembangkan usaha, ekspansi, penambahan modal dan lain sebagainya.

#2. Tempat Yang Baik Bagi Masyarakat Untuk Melakukan Investasi

Masyarakat dapat melakukan investasi di pasar modal dengan berbagai instrumen seperti saham, obligasi, resakdana, dan lain sebagainya. Mereka dapat memilih investasi apa yang cocok sesuai dengan karakteristik mereka masing-masing seperti tingkat resiko dan keuntungan.

Tujuan Pasar Modal

Berikut ini adalah tujuan dari dibentuknya pasar modal di suatu Negara yakni sebagai berikut:
  1. Mengajak Masyarakat agar mau berkontribusi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
  2. Dengan adanya pasar modal maka masyarakat dapat kesempatan untuk memiliki suatu perusahaan serta berkesempatan untuk menerima pembagian keuntungan atau laba.

Jenis-Jenis Pasar Modal

Transaksi yang ada di pasar modal itu ada dua jenis yakni transaksi pasar perdana dan pasar sekunder. Pasar perdana transaksinya tidak terjadi di bursa sedangkan pasar sekunder terjadi di bursa. Untuk pengertian lebih lanjut bisa simak di bawah ini.

#1. Pasar Perdana

Pasar perdana adalah salah satu jenis pasar modal yang sahamnya diperjualbelikan untuk kali pertama, sebelum saham tersebut tercatat di bursa. Biasanya para investor menyebut ini dengan istilah IPO (Initial Public Offering) atau penawaran umum perdana.

#2. Pasar Sekunder

Pasar Sekunder merupakan salah satu jenis pasar modal yang semua transaksi sahamnya dilakukan di dalam bursa.  Di dalam pasar sekunder akan terjadi transaksi jual ataupun beli antara investor yang satu dengan investor yang lainnya. Untuk sekarang transaksi di pasar sekunder itu sangatlah mudah yakni lewat aplikasi online trading baik itu via mobile ataupun dekstop.

Instrumen Pasar Modal


Berikut dibawah ini adalah instrumen pasar modal yang sering di transaksikan:

#1. Saham

Saham merupakan salah satu instrumen pasar modal yang paling populer. Sedangkan menurut istilah saham adalah bukti kepemilikan seseorang terhadap perusahaan publik. Itu berarti jika seseorang memiliki saham walaupun itu 1 lot saja maka seseorang tersebut berhak atas perusahaan yang sudah ia beli.

#2. Obligasi

Obligasi adalah surat yang diakui sebagai hutang yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan untuk memperoleh pendanaan. Keuntungan memiliki obligasi adalah mendapatkan return berupa bunga secara periodik yang akan dibayar oleh perusahaan penerbit obligasi dan perusahaan tersebut juga berkewajiban mengembalikan pokok pinjaman ketika sudah jatuh tempo.

#3. Reksa dana

Reksa dana adalah tempat untuk menghimpun dana dari masyarakat yang kemudian dana tersebut dialihkan atau diinvestasikan ke portofolio efek oleh manager investasi. Reksa dana itu terbagi menjadi 4 jenis yakni:
  1. Reksa dana pasar uang.
  2. Reksa dana pendapatan tetap.
  3. Reksa dana campuran.
  4. Reksa dana saham.

#4. Derivatif

Derivatif adalah surat berharga turunan dari obligasi. Derivatif biasanya digunakan oleh para manager investasi untuk melindungi nilai investasinya terhadap resiko fluktuasi harga saham, nilai tukar, suku bunga, dan faktor resiko yang lain. Berikut di bawah ini adalah 3 macam derivatif yaitu:
  1. Opsi merupakan surat pernyataan yang ditujukan kepada pemegang saham untuk menjual sahamnya sesuai dengan harga yang sudah disepakati.
  2. Warrant adalah surat yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk memberikan hak kepada para pemegangnya untuk membeli saham dengan syarat yang sudah disepakati.
  3. Right adalah surat yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk memberikan hak bagi para pemodal untuk membeli saham baru atau biasanya disebut Hak Memesan Efek Lebih Dahulu.

Contoh Pasar Modal

Berikut di bawah ini adalah Contoh pasar modal yang ada di dunia:
  1. Indonesia Stock Exchange, Indonesia
  2. Bombay Stock Exchange, India
  3. Toronto Stock Exchange, Kanada
  4. London Stock Exchange, Inggris
  5. Hong Kong Stock Exchange, Hong Kong
  6. Shanghai Stock Exchange, Tiongkok
  7. Tokyo Stock Exchange, Jepang
  8. New York Stock Exchange, Amerika Serikat

Download Artikel Ini

Kesimpulan

Itu tadi adalah pembahasan mengenai pasar modal mulai dari sejarah, pengertian, peran, tujuan, jenis, instrumen dan contohnya. Sekian dari kami semoga bermanfaat dan terima kasih.


Komentar

Postingan Populer

Simplet, Template Blogger Yang Simpel, Minimalis, dan Cepat

  Simplet adalah template blogger premium dengan desain yang simpel dan minimalis. Template ini sangat cocok untuk kamu yang mempunyai blog dengan berbagai niche seperti blog pribadi, news, magazine, dan lain sebagainya. Fitur Kelebihan Simplet 1. Memasang Iklan Adsense Bisa Langsung Dari Menu Tata Letak Blogger Ini sangat memudahkan kamu apabila ingin memasang iklan terutama iklan adsense, jadi sekarang kamu tidak perlu otak-atik kode HTML-nya. 2. Fast Loading dan SEO Frendly Template Simplet ini dapat dibilang cukup cepat hal ini dibuktikan dengan pengujian berikut ini. 3. Responsif Template ini didesain agar dapat ditampikan diberbagai macam perangkat seperti smartphone, tablet, maupun dekstop. Informasi Template Demo Beli Rp 50.000 Fitur Lengkap: Responsive SEO Frendly Fast Loading Breadcrumbs Lazy Load Image One Colomn Related Post Populer Post Social Media Share Button Menu di Footer Page 404

√ Pembahasan Tentang Konflik: Pengertian, Faktor, Bentuk, Dampak, dan Cara Mengatasi Konflik

Halo semuanya bagaimana kabar kamu hari ini? Semoga kamu dalam keadaan sehat ya. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi ilmu mengenai Pengertian Konflik dan Cara Menangani Konflik Yang Terjadi di Tengah Masyarakat. Semoga dengan dibuatnya artikel ini bisa memberi kalian sedikit ilmu tentang tema yang akan dibahas kali ini. Oke tidak usah berlama-lama lagi langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.   Faktor-Faktor Penyebab Konflik Berikut ini adalah beberapa faktor yang sering menjadi penyebab terjadinya suatu konflik di kalangan masyarakat: #1. Perbedaan Budaya Faktor budaya sering menjadi alasan terjadinya suatu konflik. Kita tahu bahwa setiap individu dilahirkan, di didik, dan dibesarkan dilingkungan kebudayaan tertentu. Setiap budaya itu memiliki ciri khas tersendiri serta berbeda antara kebudayaan yang satu dengan lainnya, mulai dari aturan, nilai maupun norma. Contoh: misal ada kelompok A menganggap aturan ABC itu baik, namun belum tentu kelompok B menganggap aturan ABC t

Yuk Intip 5 Keuntungan Menjadi Seorang Blogger

Menjadi Seorang Blogger Blogger adalah sebutan orang yang hobi menulis sebuah artikel di blog. Akan tetapi di Indonesia menjadi seorang blogger masih banyak yang kurang meminati. Banyak diantara mereka menganggap bahwa menjadi seorang blogger adalah pekerjaan yang tidak ada manfaatnya. Padahal anggapan mereka itu semua adalah salah kaprah, banyak sekali kok blogger yang sukses dan berhasil meraih banyak sekali keuntungan dari jerih payahnya dalam ngeblog. Bagi kamu para blogger pemula yang pernah mendapat makian dan hinaan dari orang-orang sekitar tak perlu risau dan berkecil hati, dalam artikel ini kamu akan diberi tahu keuntungan-keuntungan menjadi seorang blogger untuk memberimu motivasi. Tak perlu berlama-lama cek pembahasannya dibawah ini. 5 Keuntungan Menjadi Seorang Blogger Berikut ini adalah keuntungan yang akan kamu dapat jika kamu menjadi seorang blogger: 1. Meningkatkan skill menulis kamu Keuntungan pertama yang akan kamu dapat adalah skill kamu dalam menulis akan meningkat.

Lakukan 5 Cara Berikut Jika Kamu Ingin Menghasilkan Uang di Instagram Terbaru 2020

Mencari Uang di Instagram Intagram atau IG merupakan salah satu media sosial yang sangat populer di Indonesia. Tersedia berbagai macam fitur yang menunjang bagi para penggunanya. Oleh karena itulah jejaring sosial tersebut mempunyai banyak sekali peminat di Indonesia. Namun tahukah kamu bahwa Instagram juga bisa menjadi ladang uang yang sangat menguntungkan lho?  Sebenarnya sangat banyak sekali cara untuk mendapatkan uang di internet salah satunya lewat media sosial. Ok tidak usah berlama-lama lagi simak penjelasannya di bawah ini. 5 Cara Mendapatkan Uang Di Instagram 1. Endorsement Salah satu cara untuk mendapatkan uang di Instagram adalah dengan endorse. Namun sebelumnya kamu harus memiliki banyak pengikut untuk bisa melakukan endorse. Endorse sendiri merupakan kegiatan mempromosikan produk atau barang orang lain di akun Instagram kamu. Nah dengan endorse kamu bisa memperoleh barang gratis atau bahkan bisa menerima bayaran dari setiap produk yang kamu promosikan di akun kamu. 2. Menj

5 Cara Menurunkan Tingkat Bounce Rate Pada Blog Terbaru 2020

Bounce Rate Bagi para blogger yang sudah profesional pasti sudah pada mengenal apa itu Bounce Rate,  namun bagi para blogger yang masih pemula pasti pada belum tahu. Ok, akan kami jelaskan sedikit: " Bounce rate adalah jumlah persentase dari para pengunjung yang langsung keluar ketika sedang membuka satu halaman ".  Dari pengertian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa bounce rate itu adalah pengunjung yang hanya masuk ke dalam blog kamu tanpa melakukan tindakan apapun seperti klik link yang ada di dalam situs blogmu. Faktor yang menyebabkan tingginya tingkat  bounce rate itu ada berbagai macam salah satunya adalah kualitas artikel yang disajikan kurang bagus sehingga menyebabkan para pengunjung langsung keluar begitu saja dan mencari situs blog yang lain. Untuk mengecek tingkat bounce rate  di situs blogmu maka kamu bisa melihat di Google Analytics, namun sebelumnya situsmu harus terhubung terlebih dahulu dengan Google Analytics. Bagaimana? sudah tahu tingkat bounce rate  si