√ Saham: Pengertian, Jenis, Contoh, Keuntungan dan kekurangan Investasi Saham pdf

√ Saham: Pengertian, Jenis, Contoh, Keuntungan dan kekurangan Investasi Saham pdf

By Mas Bayu pada Agustus 03, 2020
saham

Apa Itu Saham?

Saham adalah surat bukti kepemilikan suatu perusahaan, jadi kalau kita punya saham walaupun itu cuma 1 lot saham maka kita berhak atas perusahaan tersebut seperti berhak ikut rapat umum pemegang saham dan berhak atas pembagian keuntungan jika perusahaan tersebut memperoleh laba.

Pengertian Saham Menurut Para Ahli:

  1. Menurut Swadidji Widoatmodjo, saham adalah surat berharga yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan yang berbentuk perseroan atau yang biasa disebut dengan emiten.
  2. Menurut Nofie Iman, saham adalah surat berharga yang memberikan peluang keuntungan yang tinggi namun juga berpotensi resiko tinggi.
  3. Sedangkan menurut Sapto Raharjo, saham adalah suatu surat berharga yang merupakan instrumen bukti kepemilikan atau penyertaan dari individu atau instansi dalam suatu perusahaan.

Jenis Saham

Saham yang diperdagangkan di Bursa Efek itu ada 2 jenis yakni sebagai berikut:

1. Saham Preferen

Saham preferen adalah surat berharga yang mana pemiliknya akan mempunyai hak lebih tinggi dari pada pemilik saham biasa. Saham preferen ini merupakan gabungan antara saham biasa dan obligasi, oleh sebab itulah mengapa saham preferen ini juga bisa memperoleh pendapatan tetap dari bunga obligasi. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan mempunyai saham preferen.
Kelebihan saham preferen yakni:
  • Dapat dividen atau pembagian keuntungan lebih dahulu.
  • Jika perusahaan dilikuidasi maka hak-hak pemilik saham preferen akan jauh didahulukan dari pada pemilik saham biasa.
  • Pemilik saham preferen bisa menukar sahamnya dengan saham biasa
  • Lebih aman dibandingkan saham biasa.
Kekurangan saham preferen yaitu:
  • Sulit diperjualbelikan, karena jumlah saham preferen itu sedikit.
  • Tidak memiliki hak suara pada saat RUPS.

2. Saham Biasa

Saham biasa adalah surat berharga yang menjadi bukti kepemilikan suatu perusahaan publik. Pemilik saham biasa juga mempunyai hak untuk ikut mengelola perusahaan, besaran hak itu tergantung dari jumlah kepemilikan sahamnya. Untuk kelebihan dan kekurangan saham biasa adalah sebagai berikut.
Kelebihan saham biasa yaitu:
  • Mempunyai hak suara dalam RUPS
  • Saham biasa mudah untuk diperjual belikan.
  • Berhak mendapatkan dividen jika perusahaan memperoleh keuntungan.
  • Mampu untuk melakukan diversifikasi usaha.
Kekurangan saham biasa yakni:
  • Pemegang saham biasa akan mendapatkan hak paling akhir apabila perusahaan dilikuidasi.

Contoh Saham

Berikut ini adalah beberapa contoh saham dari berbagai sektor di Bursa Efek Indonesia.

A. Saham Sektor Pertanian

  1. AALI (PT Astra Agro Lestari)
  2. SMAR (PT Sinar Mas Agro Resources and Technology)
  3. SSMS (PT Sawit Sumbermas Sarana)
  4. LSIP (PT PP London Sumatra Indonesia)
  5. SIMP (PT Salim Ivomas Pratama)

B. Saham Sektor Konsumsi

  1. UNVR (PT Unilever Indonesia)
  2. ICBP (PT Indofood CBP Sukses Makmur)
  3. KLBF (PT Kalbe Farma)
  4. INDF (PT Indofood Sukses Makmur)
  5. MYOR (PT Mayora Indah)

C. Saham Sektor Pertambangan

  1. BYAN (PT Bayan Resources)
  2. PTBA (PT Bukit Asam)
  3. ANTM (PT Antam)
  4. ADRO (PT Adaro Energy)
  5. INCO (PT Vale Indonesia)

D. Saham Sektor Properti

  1. PTPP (PT PP Persero)
  2. PWON (PT Pakuwon Jati)
  3. WSKT (PT Waskita Karya Persero)
  4. SMRA (PT Summarecon Agung)
  5. BSDE (PT Bumi Serpong Damai)

E. Saham Sektor Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi

  1. TLKM (PT Telekomunikasi Indonesia Persero)
  2. PGAS (PT Perusahaan Gas Negara)
  3. JSMR (PT Jasa Marga Persero)
  4. EXCL (PT XL Axiata)
  5. ISAT (PT Indosat)

Keuntungan Investasi Saham

1. Capital Gain

Capital Gain adalah keuntungan yang diperoleh dari selisih jual-beli saham yang mana harga jual harus lebih tinggi daripada harga belinya. Rumus untuk menghitung capital gain adalah sebagai berikut:
Misal kamu membeli saham dengan kode ACBE sebanyak 1 Lot (1 Lot = 100 Lembar Saham) dengan harga per lembar sahamnya sebesar Rp 2000, setelah menunggu beberapa hari saham yang kamu miliki harganya naik menjadi Rp 2500 per lembarnya. Kemudian kamu berencana menjual dengan harga tersebut, maka keuntungan yang akan kamu peroleh yakni:

Membeli saham A ----> Rp 2000 x 100 = Rp 200.000
Menjual saham A ----> Rp 2500 x 100 = Rp 250.000

Maka keuntungan atau capital gain yang akan kamu peroleh sebesar Rp 250.000 - 200.000 = Rp 50.000

2. Dividen

Dividen adalah pembagian keuntungan yang dibagikan oleh perusahaan kepada para pemegang saham sesuai dengan jumlah saham yang dimiliki. Dividen yang sering kali di bagikan kepada para investor adalah dividen tunai dan dividen saham.
  • Dividen tunai adalah dividen berupa uang yang dibayarkan secara tunai kepada para pemegang saham.
  • Dividen saham adalah dividen yang dibagikan dalam bentuk saham, sehingga jumlah kepemilikan saham para investor meningkat.
Rumus menghitung dividen adalah sebagai berikut:
Misal kamu memiliki saham Perusahaan ABCD sebanyak 100 lot, kemudian perusahaan tersebut membagikan dividen dengan nominal Rp 50 per lembar sahamnya. Maka dividen yang akan kamu peroleh yakni sebagai berikut:

Kepemilikan saham perusahaan ABCD sebanyak 100 lot = 10000 lembar saham
Dividen yang akan dibagikan sebesar Rp 50 per lembar saham

Maka dividen yang akan kamu terima adalah sebesar 10.000 x Rp 50 = Rp 500.000

Kekurangan Berinvestasi Saham

1. Capital Loss

Capital loss adalah kerugian yang diperoleh dari selisih jual-beli saham yang mana harga beli jauh lebih tinggi dari pada harga jualnya. Rumus untuk menghitung capital loss adalah sebagai berikut:
Misal kamu membeli saham perusahaan CDFG sebanyak 1 Lot (1 Lot = 100 Lembar Saham) dengan harga per lembar sahamnya sebesar Rp 4000, setelah beberapa hari ternyata saham yang kamu miliki harganya turun menjadi Rp 3000 per lembar sahamnya. Maka kerugian yang akan kamu terima yakni:

Harga beli saham perusahaan CDFG 100 x Rp 4000 = Rp 400.000
Harga jual saham perusahaan CDFG 100 x RP 3000 = Rp 300.000

Maka kerugian atau capital loss yang akan kamu terima sebesar Rp 300.000 - 400.000 = - Rp 100.000

2. Perusahaan Bangkrut

Jika perusahaan yang sahamnya kamu beli mengalami kebangkrutan maka kamu akan beresiko kehilangan semua uangmu. Oleh karena itu berinvestasilah di perusahaan yang sudah besar atau pilihlah perusahaan yang produknya itu selalu dicari oleh banyak orang. Namun bagi kamu yang tidak mau ambil pusing maka berinvestasilah di perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Index LQ45 karena perusahaan yang terdaftar di index tersebut merupakan perusahaan-perusahaan besar serta mempunyai kapitalisasi pasar yang besar pula.

Download Artikel Ini

Kesimpulan

Itu tadi adalah pembahasan mengenai saham. Berinvestasi saham merupakan jenis investasi yang mempunyai resiko yang sangat tinggi, namun itu berbanding lurus dengan tingkat keuntungan yang akan kamu dapatkan. Oleh karena itu, sebelum kamu memulai berinvestasi di saham maka alangkah baiknya kamu belajar terlebih dahulu mengenai apa itu saham? apa keuntungan berinvestasi saham? dan apa kerugian atau resiko berivestasi saham?. Sekian dari kami semoga bermanfaat dan terima kasih.

Komentar

Postingan Populer

Simplet, Template Blogger Yang Simpel, Minimalis, dan Cepat

  Simplet adalah template blogger premium dengan desain yang simpel dan minimalis. Template ini sangat cocok untuk kamu yang mempunyai blog dengan berbagai niche seperti blog pribadi, news, magazine, dan lain sebagainya. Fitur Kelebihan Simplet 1. Memasang Iklan Adsense Bisa Langsung Dari Menu Tata Letak Blogger Ini sangat memudahkan kamu apabila ingin memasang iklan terutama iklan adsense, jadi sekarang kamu tidak perlu otak-atik kode HTML-nya. 2. Fast Loading dan SEO Frendly Template Simplet ini dapat dibilang cukup cepat hal ini dibuktikan dengan pengujian berikut ini. 3. Responsif Template ini didesain agar dapat ditampikan diberbagai macam perangkat seperti smartphone, tablet, maupun dekstop. Informasi Template Demo Beli Rp 50.000 Fitur Lengkap: Responsive SEO Frendly Fast Loading Breadcrumbs Lazy Load Image One Colomn Related Post Populer Post Social Media Share Button Menu di Footer Page 404

√ Pembahasan Tentang Konflik: Pengertian, Faktor, Bentuk, Dampak, dan Cara Mengatasi Konflik

Halo semuanya bagaimana kabar kamu hari ini? Semoga kamu dalam keadaan sehat ya. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi ilmu mengenai Pengertian Konflik dan Cara Menangani Konflik Yang Terjadi di Tengah Masyarakat. Semoga dengan dibuatnya artikel ini bisa memberi kalian sedikit ilmu tentang tema yang akan dibahas kali ini. Oke tidak usah berlama-lama lagi langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.   Faktor-Faktor Penyebab Konflik Berikut ini adalah beberapa faktor yang sering menjadi penyebab terjadinya suatu konflik di kalangan masyarakat: #1. Perbedaan Budaya Faktor budaya sering menjadi alasan terjadinya suatu konflik. Kita tahu bahwa setiap individu dilahirkan, di didik, dan dibesarkan dilingkungan kebudayaan tertentu. Setiap budaya itu memiliki ciri khas tersendiri serta berbeda antara kebudayaan yang satu dengan lainnya, mulai dari aturan, nilai maupun norma. Contoh: misal ada kelompok A menganggap aturan ABC itu baik, namun belum tentu kelompok B menganggap aturan ABC t

Yuk Intip 5 Keuntungan Menjadi Seorang Blogger

Menjadi Seorang Blogger Blogger adalah sebutan orang yang hobi menulis sebuah artikel di blog. Akan tetapi di Indonesia menjadi seorang blogger masih banyak yang kurang meminati. Banyak diantara mereka menganggap bahwa menjadi seorang blogger adalah pekerjaan yang tidak ada manfaatnya. Padahal anggapan mereka itu semua adalah salah kaprah, banyak sekali kok blogger yang sukses dan berhasil meraih banyak sekali keuntungan dari jerih payahnya dalam ngeblog. Bagi kamu para blogger pemula yang pernah mendapat makian dan hinaan dari orang-orang sekitar tak perlu risau dan berkecil hati, dalam artikel ini kamu akan diberi tahu keuntungan-keuntungan menjadi seorang blogger untuk memberimu motivasi. Tak perlu berlama-lama cek pembahasannya dibawah ini. 5 Keuntungan Menjadi Seorang Blogger Berikut ini adalah keuntungan yang akan kamu dapat jika kamu menjadi seorang blogger: 1. Meningkatkan skill menulis kamu Keuntungan pertama yang akan kamu dapat adalah skill kamu dalam menulis akan meningkat.

Lakukan 5 Cara Berikut Jika Kamu Ingin Menghasilkan Uang di Instagram Terbaru 2020

Mencari Uang di Instagram Intagram atau IG merupakan salah satu media sosial yang sangat populer di Indonesia. Tersedia berbagai macam fitur yang menunjang bagi para penggunanya. Oleh karena itulah jejaring sosial tersebut mempunyai banyak sekali peminat di Indonesia. Namun tahukah kamu bahwa Instagram juga bisa menjadi ladang uang yang sangat menguntungkan lho?  Sebenarnya sangat banyak sekali cara untuk mendapatkan uang di internet salah satunya lewat media sosial. Ok tidak usah berlama-lama lagi simak penjelasannya di bawah ini. 5 Cara Mendapatkan Uang Di Instagram 1. Endorsement Salah satu cara untuk mendapatkan uang di Instagram adalah dengan endorse. Namun sebelumnya kamu harus memiliki banyak pengikut untuk bisa melakukan endorse. Endorse sendiri merupakan kegiatan mempromosikan produk atau barang orang lain di akun Instagram kamu. Nah dengan endorse kamu bisa memperoleh barang gratis atau bahkan bisa menerima bayaran dari setiap produk yang kamu promosikan di akun kamu. 2. Menj

5 Cara Menurunkan Tingkat Bounce Rate Pada Blog Terbaru 2020

Bounce Rate Bagi para blogger yang sudah profesional pasti sudah pada mengenal apa itu Bounce Rate,  namun bagi para blogger yang masih pemula pasti pada belum tahu. Ok, akan kami jelaskan sedikit: " Bounce rate adalah jumlah persentase dari para pengunjung yang langsung keluar ketika sedang membuka satu halaman ".  Dari pengertian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa bounce rate itu adalah pengunjung yang hanya masuk ke dalam blog kamu tanpa melakukan tindakan apapun seperti klik link yang ada di dalam situs blogmu. Faktor yang menyebabkan tingginya tingkat  bounce rate itu ada berbagai macam salah satunya adalah kualitas artikel yang disajikan kurang bagus sehingga menyebabkan para pengunjung langsung keluar begitu saja dan mencari situs blog yang lain. Untuk mengecek tingkat bounce rate  di situs blogmu maka kamu bisa melihat di Google Analytics, namun sebelumnya situsmu harus terhubung terlebih dahulu dengan Google Analytics. Bagaimana? sudah tahu tingkat bounce rate  si